Dialog perhatian

Pages

Senin, 22 Februari 2010

SISTEM PEREKONOMIAN TRADISIONAL DI INDONESIA

I. pengertian sistem perekonomian.
I.I Sistem perkonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan
I.2 Sistem Ekonomi Tradisional
Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis), sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenek moyang sebelumnya.Dalam sistem ini segala barang dan jasa yang diperlukan, dipenuhi sendiri oleh masyarakat itu sendiri. Tentunya Anda akan bertanya apa tugas pemerintah dalam sistem ekonomi tradisional ini?Dalam sistem ekonomi tradisional, tugas pemerintah hanya terbatas memberikan perlindungan dalam bentuk pertahanan, dan menjaga ketertiban umum. Dengan kata lain kegiatan ekonomi yaitu masalah apa dan berapa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi semuanya diatur oleh masyarakat. Pada umumnya, sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan
I.3 Pendapat saya tentang sistem ekonomi tradisional di Indonesia
Indonesia tidak menganut salah satu sistem ekonomi tradisional,namun menggunakan system ekonomi pasar,system ekonomi komando,dan system ekonomi campuran. Tetapi, Indonesia menganut system ekonomi Pancasila.
Sistem ekonomi Pancasila sering disebut sistem demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi adalah sistem ekonomi yang berasal dari rakyat,serta dilakukan oleh rakyat, dan unntuk rakyat. Maksud dari system demokrasi ekonomi merupakan sistem ekonomi yang mengikutsertakan peran aktif rakyat disebut juga sistem ekonomi kerakyatan. Dalam sistem ini,pemerintah berperan menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha.

Sistem ekonomi Pancasila harus menghindari cirri-ciri negatif,yaitu sebagai berikut:
a. Sistem free fight liberalism karena dapat menimbulkan eksploitasi (penindasan atau pemerasan)terhadap manusia dan bangsa lain.
b. Sistem etatisme, yaitu negara beserta aparatur negara bersifat dominant sehingg akan mendesak dan mematikan potensi serta daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
c. Pemusatan kekuatan ekonomi pada seseorang atau suatu kelompok tertentu dalam bentuk monopoli yang merugikan masyarakat.

I.4 Referensi
- Griffin R dan Ronald Elbert. 2006. Business. New Jersey: Pearson Education.
- http://www.e-dukasi.net/mol/mo_full.php?moid=43&fname=eko101_10.htm
- http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_3577/title_sistem-ekonomi/

0 komentar: