Monday, April 21, 2014

Tutorial Flashing Sony Xperia Z C6602/C6603

Assalamu'alaikum :) hari ini saya ingin share ke teman-teman yang menggunakan hp Sony Xperia Z C6602/C6603 tentang Cara Mudah Flash Ulang (Flashing) Offline di Sony Xperia Z C6602/C6603.
Oke langsung aja ini dia bahan-bahan yang agan perlukan :
 1. Software Flashing yaitu Flashtool. Flashing yaitu menginstall firmware / ROM pada device, biasa nya flashing menggunakan tools yang disebut Flashtool. Anda dapat download Flashtool disini .

 2. Firmware Firmware yaitu semaca Operating System yang disimpan di ROM yang menjembatani antara device dan aplikasi-aplikasi serta user. Ada juga yang mendefinisikan ROM sebagai system utama OS dan firmware adalah versi dari system tersebut. Misal ROM = android, firmware = 2.2.1 sehingga ada istilah Stock ROM dan Custom ROM. Disini saya menggunakan firmware [STOCK ROM] , Anda dapat mendownload nya disini.

 3. Baterai Sony Xperia Z C6602/C6603 Anda harus diatas 70%.

 Jika semua bahan-bahan telah Anda penuhi, sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Install Flashtool yang tadi agan download

2. Kemudian file firmware hasil download tadi masukkan di direktori c:flashtool/firmware,file firmware harus format .ftf (flash tool file) kalo masih zip / rar ekstrak aj.

3. Ok ini sepele tapi banyak yang gagal karena hal ini, yaitu driver. Pergi ke C:Flashtool/drivers install flashmode driver dan ADB driver.

4. Buka flashtool.exe.

5. Klik tanda petir (kalo disuruh pilih antara Flashmode dengan Fastboot, pilih Flashmode kalo kita mau flash file .ftf, karena Fastboot itu dipakai kalo kita mau flash file kernel).

6. Kemudian pilih firmware yang sesuai dengan Sony Xperia Z C6602/C6603 ,jgn lupa centang wipe user data dan wipe cache.

7. Kemudian klik ok, tunggu hingga gambar muncul, lalu tekan dan tahan volume down di Sony Xperia Z C6602/C6603 sambil tancepin kabel data (hp harus dalam keadaan mati).

8. Maka flashtool akan eksekusi perintah secara otomatis tinggal tunggu sampai 100% 9. Done !

57 comments:

Unknown said...

tombol back tidak brfungsi, malah ane teken tombol power 2x flashtoolnya lnjut,, dan gatot, minta solusi dong om

Nandang Rahmansyah said...

kalo tombol back tidak berfungsi coba :

1. pastikan hp dalam keadaan mati
2. colokan kabel data ke hp namun ujung satunya lagi jangan dulu di colokan ke pc/laptop

3. ketika ingin di colokan ke pc tekan dahulu tombol volume (-) atau yang bawah di usahakan jangan di lepas barulah di colokan kabel data ke pc sambil menekan tombol bawah

4. nanti di pc agan akan muncul permintaan driver flash xperia z

selesai

Unknown said...

minta saran, untuk firmwaremobile xperia z untuk HK tdk bisa disownload, apakah sama jika menggunakan yang sweden

trims

Nandang Rahmansyah said...

sama gan silahkan :D

Nandang Rahmansyah said...

coba di flash offline aja pake flash tools biasanya untuk reset tekan tombol power + volume(+) sampe hp bergetar, jika tidak bergetar silahkan chek di sony service center (terimakasih )

Unknown said...

Hp sony xperia z saya baru saja bootloop setelah saya upgrade siste dan tidak bisa nyala sama sekali, ada pemberitahuan bahwa update gagal dan harus di konek ke PC. tapi di PC HP saya tidak kebaca. mau saya recoveri jadigak bisa.
mohon bantuannya bagi yang udah berpengalaman

Unknown said...

Untuk Fatich jika bootloop seperti itu coba di hard reset dengan tekan tombol power + volume up (+) jika bergetar coba di colok kembali ke pc maka akan terbaca di pc companion. thanx

wirawan said...

gan minta tolong sarannya
hp ane xperia z dan umurnya udh hampir 2 tahun, kemaren dipinjem temen ane buat foto sambil berenang, hp ane masih normal gan waktu itu setelah di pencet tombol lock sampe hari ini hp ane mati total.
posisi hp udh ane bongkar udh ane kerigin tp ttp aja mati.
kalo ane ikutin tutorial flash ini apa bisa buat hp ane nyala lagi gan?

Nandang Rahmansyah said...

@wirawan untuk agan trgantung hpnya di bwa brenang dimana?kalo dilaut ya selesai.kalo di air tawar saran ane coba di diemin dalam beras 1minggu kalo g bisa bearti udah konslet batrenya. Ciri2 hpnya bsa nyala kalo dicharger led merah dikanan atas bisa nyala merah thx

Unknown said...

gan mau mintol hp ku kalau dinyalahkan hanya samapai bacaan xperia terus mati sendiri kemudian nyala lagi dengan kondisi yang sama sampai low, kalau boleh tau solusinya gimana gan tks

Anonymous said...

bang itu waktu ngeflash tombol (-) nya d teken sampe kapan??????

Nandang Rahmansyah said...

@muhammad hidayat solusinya di charger penuh trus di flash ulang gan :D

@ANON ampe getar hp nya trus lepas

Admin said...

Gan xperia z ane mati nyala mati nyala di logo sony doang,cara benerin nya gimana?kalo mau flash juga ga bisa karena mati nyala terus ,solusi nya gan?

Admin said...

Gan xperia z ane mati nyala mati nyala di logo sony doang,cara benerin nya gimana?kalo mau flash juga ga bisa karena mati nyala terus ,solusi nya gan?

Nandang Rahmansyah said...

@gugun solusi nya ya di reset total gan, cara nya ya flash ulang tapi coba dengan os android yang lebih ringan misal era nya kitkat 4.3

joeko setiawan said...

Gan kalo Xperia saya panas terus kadang mati sendiri, itu indikasi nya dari apa ya gan? Mohon bantuan dong gan

Unknown said...

Linknya rom rusak om

Nandang Rahmansyah said...

@joeko itu karena
-penggunaan ram terlalu berlebih, jadi kurangi aplikasi yang tidak terpakai seperti aplikasi pengirit batre

@rommy ok gan thx segera di perbaiki

Unknown said...

kalau xperia z sya dicas cma nyala lampu merah aja knp ya? thx

Unknown said...

kalau xperia z sya dicas cma nyala lampu merah aja knp ya? thx

Unknown said...

gan, xperia z saya kehabisan baterai dan ga bsa d cas. cm kelap kelip sampai logo sony berulang2. sudah pake sony pc companion ga conek, d flash ga bsa nyala juga. mohon solusinya gan. mksh

Anonymous said...

gan xperia zr saya kan kena bootloop setelah saya root, nah pengen saya flash pake flashtool tapi gabisa masuk flashmode, saya udah pencet trus tahan tombol volume down trus saya colokin kabel usb ke pc tapi led nya nyala warna hijau tapi cuma sedetik abis itu mati jadinya ga kedetect di flashtool, mohon bantuannya gan

Nandang Rahmansyah said...

@ William Joseph kemungkinan batre nya udah agak rusak gan atau aliran listriknya g stabil coba charger pake docking

@ ary ichigi solusinya charger dulu pake docking dengan chargeran tegangan 2 ampere setelah itu silahkan di flash

@Anonymous untuk masalah anda silahkan di charger sampe 50% keatas setelah itu chek apakah flash toolnya paling terbaru, terakhir sebelum colok ke pc mendingan tekan tombol vol (+) tahan sambil colok usb ke pc :D

Unknown said...

mas, saya nyoba tapi di flashtoolnya ada error, jdi saya ga brani buat flash, itu solusinya gimana?
apa emang ga masalah klo ada error kya gitu,
TQ sblumnya mas

Unknown said...

@riza update flashtoolnya pake yang paling baru gan

Unknown said...

Gan hp saya Sony z1..gak bisa hidup lagi gan..karna pada saat menginstal pembaharuan sistem gan..awal ada pemberitahuannya hp saya ingin di pembaharuan sistem..trus saya buka dan saya klik unduh gan.setelah itu muncul pilihan isntal.trus saya tekan instal..tiba tiba hp saya mati gan karna lowbet baterai gan..trus saya cas masih bisa gan tapi blom bisa di hidupin..trus saya carger ge..tak msuk daya gan..tolong gan solusi nya..

Unknown said...

Gan, mau nanya kalo sony xperia z cuma hidup led nya aja gimana solisinya?

Unknown said...

Gan, mau nanya kalo sony xperia z cuma hidup led nya aja gimana solisinya?

Nandang Rahmansyah said...

ganti hp gan :D itu udah error mungkin batrenya

K!_d said...

gan saya punya xperia z t-mobile version c6606 kalo saya flash pake firmware kitkat punya c6603 bisa tidak?

Haruna said...

Gan hape Z saya batre normal, tapi kalo didieumin ataw lagi di pake tiba tiba daya mati sendiri sampe2 sehari 6-8 kali. Solusinya gimana gan...?

Nandang Rahmansyah said...

@lucifer g bisa gan
@haruna chek sinyal atau chek batre, sama aplikasi yang sering menggunakan batre banyak seperti path dan sbg nya

Unknown said...

gan, mau tanya nih. ane flash xperia z1 lalu ketiduran. pas, bangun hp udah mati dan ga kedetek pc. d charge jga ga bsa . solusi ada gak?

Unknown said...

gan mau tanya ini error kenapa ya gan ?

15/035/2017 11:35:25 - INFO - Selected Bundle for Sony Xperia Z(C6602). FW release : 10.7.A.0.222. Customization : Customized US
15/035/2017 11:35:25 - INFO - Preparing files for flashing
15/035/2017 11:35:28 - INFO - Please connect your device into flashmode.
15/039/2017 11:39:38 - INFO - Device connected in flash mode
15/039/2017 11:39:38 - INFO - Opening device for R/W
15/039/2017 11:39:38 - INFO - Reading device information
15/039/2017 11:39:39 - INFO - Phone ready for flashmode operations.
15/039/2017 11:39:39 - INFO - Opening TA partition 2
15/039/2017 11:39:39 - INFO - Current device : Unknown: Aug 24 2015/19:58:33 - BX903H21GP - Unknown: Aug 24 2015/19:58:33 - Unknown: Aug 24 2015/19:58:33 - Unknown: Aug 24 2015/19:58:33
15/039/2017 11:39:39 - INFO - Closing TA partition
15/039/2017 11:39:39 - INFO - Start Flashing
15/039/2017 11:39:39 - INFO - No loader in the bundle. Searching for one
15/039/2017 11:39:45 - INFO - Processing loader.sin
15/039/2017 11:39:45 - INFO - Checking header
15/039/2017 11:39:45 - INFO - Flashing data
15/039/2017 11:39:46 - INFO - Loader : S1_Root_5ca3 - Version : APQ8064_30 / Boot version : S1_Boot_Lagan_1.1.1_1 / Bootloader status : ROOTED
15/039/2017 11:39:46 - INFO - Max packet size set to 512K
15/039/2017 11:39:46 - INFO - USB buffer size set to 512K
15/039/2017 11:39:46 - INFO - Ending flash session
15/039/2017 11:39:46 - ERROR - null
15/039/2017 11:39:46 - ERROR - Error flashing. Aborted

Nandang Rahmansyah said...

ada yang eror gan di ftf nya :D

Unknown said...

gan z1 saya mau upgrade pakai twrp muncul patching image unconditionally karena lama dan ga telaten ahkirnya saya hard reset malah bootloop gan ,solusinya gmana gan? terima kasih

Nandang Rahmansyah said...

cara nya reset ulang pake pc companion nya sony gan atau flash ulang seperti biasa

Anonymous said...

Gan numpang nanyak dhunk....

sony z ane udah berhasil ane down grade/turun os dari loli..ke kit kat 4.4.4.
awalnya gak ada masalah dan lancar aja. tapi gak lama si z ane mati total dengan sendirinya dalam keadaan batre di36% saat lagi register BBM.
kondisinya gak ada tanda2 kehidupan sama sekali termasuk ngecarge lampu gak nyala, flashtool juga no respon klo d colokin ke pc. Tekan tombol power plus plus juga no respon

mohon pencerahannya gan.

Unknown said...

udah pake 2 ftf tetap keluar nya error null error flashing aborted terus gan ?

Unknown said...

#ask
Punya ane kog berhenti di
Start flashing
Flashing loader alias gx jalan

Nandang Rahmansyah said...

@ Kyo Heartnet dan @Tan Wiw Coba matikan antivirus nya dulu gan :D

Unknown said...

antivirus ga akan ngaruh x gan. ad fb ga ntr saya kirim screenshot flashtool na

Atha crm said...

Sy flash sony zr docomo so-04e berhasil , tapi gak mancet mau ke menu
Boot error aja , pdahal udah centang wipe pas flashing
Solusi gmna?

Unknown said...

Tanya gan,sy mw downgrade tp firwmwarenya tdk terbaca di FT,,padahal sdh ganti FT 2x,,sy pake z c6603...makasih gan

Unknown said...

Tanya gan,sy mw downgrade tp firwmwarenya tdk terbaca di FT,,padahal sdh ganti FT 2x,,sy pake z c6603...makasih gan

Unknown said...

Gan mau nanya,,,ane punya Xperia Z yg c6603, problem awal masalah di batrene yg ngedrop namun masih normal smua, trz dah lama Kira" 5bulan gk kepake karena blom sempet buat beli batrene yg baru, trz setelah ane beli batre yg baru, truz ane pasang batre yg baru, tp di cas layar masih ttp mati namun indikator led nyala merah, sudah ane coba cas smpe lama bngt namun HP GK mau dihidupkan jg, mohon pencerahannya gan, solusi nya gimna ya gan

Nandang Rahmansyah said...

@aguz rohman
Beli baru aja gan kadang hp sekarang gampang rintih

imam said...

Om waktu buka flastool kok ada error cannot sync device :http://github.com/.... knapa om ya .. please help me

Unknown said...

reading device informationnya gan lama banget gak kebuka mentok di reading device information solusinya gan

Nandang Rahmansyah said...

@mesin tempur untuk hp nya tipe apa ya mas?

Unknown said...

Ga ga kebaca filenya .ga keluar di flashernya

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Gan sony xperia saya kalo maen game selalu panas berlebih gimana cara ngatasinnya gan ?

andreas said...

nice infonya gan, terimakasih sudah share
https://cody.id/produk/solder-flux/

Unknown said...

Xperia z c6603 ram 3 gb bisa gak update os 6 , 7, atau 8 saat ini sdh up lolipop 5.1.1? Kali ada yg lebih ringan dan awet batre n gak cepet panas

Anonumous said...

kuy

Anonumous said...

bang